Memulai belajar PHP

Akhirnya mulai juga saya untuk belajar PHP. Dikarenakan ada proyek ERP yang mengharuskan saya untuk belajar PHP , mari kita yg masih pemula belajar bersama saya disini sambil berblogging ria.
pertama tama bahan yang harus disiapkan adalah

1.disini saya menggunakan WAMP5 (wamp5 2.2) dimana wamp5 memiliki komponen yang digunakan untuk menjalankan file PHP
 - Server Apache 2.2.21 -> sebagai server untuk menjalankan file PHP
 - PHP 5.38 -> digunakan sebagai aplikasi yang menangani proses masukan dari user dan melakukan pengolahan data disisi server.
 - MySQL 5.5.16 -> wamp5 2.2 mendukung mysql 5.5.16

2. Dreamweaver CS4 sebagai Editornya (mungkin yang lain bisa menggunakan editplus,notepad, dll)

Setelah menginstal kedua tool diatas maka pertama tama kita setting site terlebih dahulu pada dreamweaver agar PHP dapat berjalan dengan baik

1. masuk manage sites

2. pilih new Site

3. isikan nama site dan alamat addres url (disini saya menggunakan nama localhost/NamaFolder)

4. Pilih penggunaan server technology

5. seting testing url
6. kemudian next aja.

setelah selesai setting, kita akan memulai belajar scripting PHP.

PHP merupakan bahasa pemrograman yang disebut sebagai scripting, dalam arti PHP merupakan pemrograman yang di tempelkan/embedded pada bahasa atau aplikasi lain.

Pertama tama kita akan belajar cara penulisan script PHP

<?php

  ....isikan statement script php disini
  echo "Halo world";
   echo "<br />Saya dari script php"; 

?>  


<?php

   echo "Halo world";
   echo "<br />Saya dari script php"; 

?>

silahkan di save dan di buka pada browser anda

Output
---------
Halo world
Saya dari script php

Dengan ini kita berhasil membuat script PHP kita yg pertama.


Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔

Artikel pada kategori yang sama